Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Di Indonesia, kita mengenal bakso sapi yang dicampur tepung tapioka, umumnya disajikan dengan kuah panas dan mie kuning. Namun negara-negara lain pun punya hidangan bakso alias bola-bola daging khas mereka sendiri. Seperti apa sajakah bakso khas di berbagai negara di dunia? Penasaran, simak beberapa contohnya berikut ini.

1. Bakso Italia

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Italia, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Salah satu bakso yang paling dikenal di dunia mungkin adalah Italian meatballs alias bakso Italia, biasa ditemukan dalam spaghetti. Dibumbui dengan olive oil, oregano, keju parmesan, garam, merica, bawang, dan peterseli, bakso Italia “meleleh” di mulut dengan penuh cita rasa. Sebenarnya di Italia sendiri bakso jarang sekali disajikan dengan spaghetti, melainkan dengan saus berbahan dasar tomat.

2. Bakso India

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso India, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Masakan di India sangat bervariasi dari daerah ke daerah, umumnya terkait penggunaan rempah-rempah dan kari. Bakso khas India cenderung menggunakan rempah-rempah secara seimbang, antara bawang putih, bawang bombai, jahe, bawang, cabai, bubuk kari, dan garam masala serta ketumbar sehingga warnanya segar.

3. Bakso Indonesia

Jual Bakso Sapi
Bakso Indonesia, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Di Indonesia, bakso biasanya terbuat dari daging sapi, dicampur tepung tapioka hingga teksturnya menjadi kenyal seperti bola. Disebut-sebut sebagai salah satu makanan favorit Presiden Obama, bakso biasanya disajikan dengan mi dan sayuran dalam kuah kaldu. Kecap dan saus sambal jadi pelengkap yang tak boleh ketinggalan.

4. Bakso Meksiko

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Meksiko, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Bakso Meksiko atau yang juga disebut “Albóndigas” biasanya disajikan dengan kuah tomat, bersama nasi, kentang, dan sayur-sayuran. Bahkan biasanya dalam adonan baksonya sendiri sudah ada nasi beserta bawang dan lada hitam ‘black pepper’.

5. Bakso Albania

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Albania, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Albania banyak menggunakan kambing dan domba di dalam masakannya. Bakso khas Albania yang bernama “Qofte” biasanya terbuat dari kambing atau campuran kambing dan sapi, dibumbui dengan daun mint, bawang, bawang putih, kayu manis, remah-remah roti dan keju feta untuk menambahkan rasa creamy. Kemudian dilumuri tepung dan digoreng garing hingga bagian luarnya berwarna cokelat keemasan.

6. Bakso Swedia

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Swedia, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Biasanya kecil-kecil dan digoreng dengan banyak mentega, bakso Swedia alias Swedish Meatball ini jadi favorit banyak orang di negara-negara lainnya. Bakso Swedia biasanya disajikan dengan saus yang terbuat dari dil dan kaldu ayam atau sapi. Adonan baksonya sendiri mengandung biji pala, jahe, dan cengkeh, kemudian disajikan dengan mashed potato dan saus lingonberry.

7. Bakso Amerika Serikat

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Amerika Serikat, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Di Amerika Serikat, bakso biasanya disajikan dengan saus sambal atau kecap asin, ditambah merica. Orang Amerika lebih suka menyantap hidangan cepat juga kadang minim bumbu. Seperti halnya bakso ini, rasanya cenderung manis-asam dan bisa dibekukan. Sementara sausnya pun hanya merupakan campuran anggur jelly dan saus cabai, kadang ditambahkan kecap dan cayenne pepper.

8. Bakso Cina

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Cina, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Uniknya, bakso khas Cina biasanya digoreng hingga kecokelatan dulu sebelum direbus dalam kuah beraroma jahe. Bisa disajikan bersama mie, dengan kol rebus, atau cukup dengan kecap asin. Seperti biasa, menyantap bakso khas Cina lebih pas jika sembari menyeruput teh hijau.

9. Bakso Vietnam

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Vietnam, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Bakso Vietnam yang mengandung saus pedas Sriracha dan nuoc mam (saus ikan) memang terlihat berbeda dengan bakso-bakso lainnya. Ia disajikan bukan dengan mie atau nasi, melainkan dengan bánh mi, sandwich ala Vietnam yang menggunakan roti baguette, dibumbui dengan spicy mayo, acar lobak, wortel, cilantro, dan cabai.

10. Bakso Uruguay

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Uruguay, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Berbeda di Uruguay, sebab Anda akan menemukan banyak unsur bakso dari negara lain, seperti penggunaan keju parmesan tomat dan bawang (ala Italia) serta penambahan pala (seperti halnya di Swedia dan Belanda). Kismis biasanya turut ditambahkan untuk resep bakso berbasis daging sapi, yang disajikan dengan kaldu daging sapi pedas yang dibumbui merica, oregano, bawang, dan thyme.

11. Bakso Belanda

Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Bakso Belanda, Bakso Khas dari Berbagai Negara di Dunia

Di Belanda, bakso biasanya terbuat dari daging babi. Bentuknya mirip bitterballen. Bakso yang terbuat dari daging babi ini dicincang dan dicampur saus krim, kemudian dibentuk bulat. Setelah itu dilapisi tepung roti, dan digoreng hingga garing bagian luarnya dan lembut bagian dalamnya.

Sumber: pospopulers.blogspot.com

Produk kami “Bakso Mitfood

Jual Bakso Sapi

jual bakso sapi

 

Untuk melihat produk kami lainnya, Silahkan Klik
Untuk Order, Silahkan Klik
Link Terkait:
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s